Review Zenfone 2 Kapasitas RAM 4GB Processor 64-bit

Pendahuluan :
Pada awal tahun 2015 ini, Asus kembali memberikan kejutan bagi para pecinta gadget berjenis smartphone, terutama bagi mereka para pecinta gadget dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang bersahabat dengan dompet. Salah satu pilihan yang ditawarkan oleh Asus adalah Asus Zenfone 2.
image source :ibtimes.co.in
Dengan harga yang dibanderol pada saat Lounching terbilang 'sangat miring' yaitu $199 atau di Rupiahkan berkisar Rp. 2,5 jutaan, tentunya dengan spesifikasi yang terbilang tinggi dikelasnya, membuat para pecinta smartphone menjadi penasaran dan tak sabar ingin segera membeli smartphone ini. Biar tak semakin penasaran, mari kita simak spesifikasi apa saja yang ditanamkan di perangkat ponsel cerdas ini :

Spesifikasi :
1. Dimensi dan Desain
Untuk bentuk dan dimensi dari Asus Zenfone 2 ini, tidak mengalami perubahan yang signifikan dari pendahulunya di keluarga Zenfone, seperti seri Zenfone 5 dan Zenfone 6. Yang berubah dari shanya di bagian sudut bodi (corning) yang lebih melengkung dibanding seri sebelumnya. Dengan dimensi bodi 152.5 x 77.2 x 10.9 dengan berat ~170 gram, masih tetap nyaman digunakan dengan satu tangan meskipun sebenarnya smartphone ini masuk dalam kelas phablet. Yang berbeda lagi adalah tombol volume yang dibenamkan di bawah kamera belakang, sehingga untuk mengubah level volume suara akan terasa tidak seperti biasanya yang dilakukan pada ponsel umumnya yang memposisikan tombol volume suara di samping bodi ponsel.

image source :www.youtube.com
2. Layar
Asus Zenfone 2 dibekali dengan layar berukuran 5.5 inchi berjenis LCD IPS beresolusi tinggi yakni 1920x1080 pixels dan sudah mendukung kualitas Full HD. Untuk kerapatan pixelnya mencapai ~403 ppi pixel density. Sehingga sudah jelas, untuk performa tampilan di sisi multimedia tidak diragukan lagi kualitasnya, dan tentunya akan sangat memanjakan mata. Jarak selisih antara layar dan tepi bodi juga terbilang tipis. Sehingga tampilan dari depan pada layar dan bodi terkesab exclusive dan elegan layaknya ponsel kelas premium. Selain itu, layar Zenfone 2 ini juga sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 3 yang menjaga layar agar tidak mudah tergores meskipun dengan benda-benda kasar dan tajam.

3. Kamera 13 MP dengan Teknologi PixelMaster
image source : www.asus.com
Nah, salah satu kelebihan yang cukup menonjol dari Zenfone 2 ini adalah kamera utama dengan kekuatan 13 MP dengan pengolahan gambar yang dipatenkan oleh Asus yakni PixelMaster. Dimana pengguna dapat mengambil foto dengan hasil yang jernih dan terang, meskipun di lingkungan yang kurang cahaya sekalipun. Dengan dilengkapi fitur-fitur yang kaya untuk fotografi, seperti Autofocus Aperture f/2.0, HDR dan double LED Flashlight, pengguna akan lebih leluasa memilih dengan gaya pengambilan gambar yang lebih menarik, bahkan dapat menghasilkan foto yang mirip dengan hasil kamera DSLR. Kamera kedua di bagian depan juga diberikan dengan kekuatan 5 MP yang pastinya disukai para Selfie Lovers. Untuk kualitas video yang dihasilkan kamera ponsel ini terbilang sangat baik, karena dapat dioperasikan dengan mode HD 1080p dengan kecepatan frame yang halus yakni 30 frame per secon.

4. Processor, RAM, dan Internal Memory Storage

Ini dia yang paling dibangga-banggakan oleh Produsen Asus. Sektor dapur pacu Zenfone 2 benar-benar mumpuni untuk multimedia. Bagaimana tidak, didalamnya dibenamkan Processor Quad Core Intel Atom seri Z3580 64-bit dengan clock speed mencapai 2.33 GHz!! Dan tak hanya itu RAM yang dihadirkan dalam ponsel ini juga tidak main-main, yakni 4 GB! Yang diklaim sebagai smartphone pertama di dunia yang dipasangkan dengan RAM sebesar itu.  Bagi anda pecinta game kualitas HD, tak perlu khawatir lagi akan merasakan game yang 'Lag' ataupun gambar patah-patah, karena pengolah grafis PowerVR G6430 akan dapat memutar game-game berat sekalipun, dan juga dapat disimpan di memory internal yang besar yaitu 16 GB hingga 64 GB + tambahan slot external memory. Keren yah.. :)

5. Antarmuka OS Android


Tampilan sistem operasi pada Zenfone 2 ini tetap sama dengan varian Zenfone sebelumnya. Dengan tampilan antarmuka terbaru Android 5.0 Lollipop dan style ZenUI, aplikasi-aplikasi yang ada didalam smartphone ini dapat dijalankan dengan transisi perpindahan yang halus, dan lancar, terutama pada saat melakukan multitasking program.

6. Interkoneksi Jaringan (4G LTE, HSDPA, Bluetooth,GPS dan Wi-Fi)
Zenfone 2 hadir dengan dukungan jaringan seluler generasi baru, yakni 4G LTE kelas A yang diklaim dapat menghasilkan kecepatan akses data mencapai 150 Mbps.  Hanya saja jaringan ini masih belum tersebar luas di seluruh Indonesia, sehingga cukup disayangkan smartphone ini hadir di tengah regulasi jaringan data di Indonesia yang perkembangannya lambat. Tapi tenang, Smartphone ini belum resmi diluncurkan di Indonesia, jadi kita berdoa saja semoga pada saat launcing di negeri kita, jaringan 4G sudah merata minimal di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Untuk Bluetooth menggunakan teknologi terbaru yakni versi 4. Dan untuk GPS cukup presisi telah didukung GPS GLONASS. 

7. Kelebihan dan Kekurangan
+ Kelebihan :
  1. Harga Relevan dengan Performa :)
  2. Layar besar 5.5 Inchi dengan resolusi 1920x1080 pixels ~403ppi 
  3. Gorilla Glass 3
  4. Kamera 13 MP dan 5 MP dengan dukungan PixelMaster
  5. Processor 64-bit Quad Core Intel Atom seri Z3580
  6. RAM 4GB
  7. Jaringan mendukung 4G LTE
  8. Sensor Komplit (Proximity, Accelero, Gyro, Compass)
- Kekurangan :
  1. Baterai kurang besar hanya 3000mAh dengan performance yang tinggi
  2. Non Removable Battery, baterai dapat diganti dengan keahlian teknisi.
  3. Penggunaan Jaringan 4G LTE tidak akan maksimal, karena perkembangan jaringan 4G di Indonesia masih belum cukup merata.

8. Kesimpulan
Dari Review singkat mengenai Asus Zenfone 2 ini, dapat disimpulkan bahwa performa smartphone ini memang benar-benar istimewa, dan tidak diragukan lagi kualitasnya. Untuk kelas prosesor dan RAM terbilang lebih besar dari smartphone kelas menengah bahkan kelas premium sekalipun, namun tetap harganya ekonomis. Hanya saja yang menjadi kekurangan disisi penyimpanan daya baterai yang tergolong kecil untuk smartphone bertenaga besar seperti Zenfone 2 ini. Selain itu, untuk mendapatkan kualitas jaringan yang lebih cepat dengan jalur akses 4G masih belum bisa dinikmati di setiap daerah di Indonesia. Nah, mengenai kedatangannya di Indonesia, mari kita tunggu bersama-sama.

Sekian Review tentang Zenfone 2 RAM 4G Processor 64 bit

0 Response to "Review Zenfone 2 Kapasitas RAM 4GB Processor 64-bit"

Post a Comment

my Paid Tube