Membuat Aplikasi (Mobile Web) Untuk Monitoring Keuangan, Gratis dengan Google Docs dan Google Form

Cara Paling Gampang membuat "Aplikasi" Mobile Web dengan Google Docs (Spreadsheet) dan Google Form

Seperti yang sudah saya sebutkan di postingan saya sebelumnya (di Aplikasi Gratis Google Documents ), kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang cara memanfaatkan Google Docs dan Google Form. Google Form ini umumnya digunakan untuk membuat form quisioner, atau form pendaftaran berbasis halaman web. Namun karena di dalamnya ternyata berupa file *.xls atau Excel, tentunya kita bisa melakukan proses perhitungan dari hasil data yang berupa angka. Nah, untuk itu saya coba memanfaatkan sebagai catatan dan kalkulator keuangan saya. Dan ternyata menyenangkan, sangat-sangat sederhana sekali dan tentunya bermanfaat buat saya.

Google Forms

Biasanya orang-orang menyebut sebuah file sebagai "Aplikasi" jika file tersebut bermula dari proses install, yang berformat *.exe atau file yang dapat berjalan (running) apabila di eksekusi dengan perintah klik pada mouse atau enter pada keyboard. Tapi kali ini berbeda dengan yang saya buat, walaupun saya sendiri menyebutnya sebagai "Aplikasi" juga. Singkat saja yah, untuk syarat-syarat membuat aplikasi sederhana ini, Rekans tentunya harus mempunyai akun gmail terlebih dahulu. Sudah punya belum? Kalau sudah punya, mari ikuti step-step berikut ini :
1. Silahkan ketik alamat url drive.google.com (link ini di klik juga boleh, gak berdosa kok). 
2. Login lah terlebih dahulu. apabila sudah login, dan telah masuk ke halaman Drive pribadi milik Rekans, silahkan klik tombol "NEW" kemudian akan muncul beberapa pilihan konten seperti Folder, File Upload, Folder Upload dan bla bla bla. 
3. Pilihlah konten Google Sheets seperti di gambar ini.

4. Kemudian akan muncul halaman berupa spreadsheet kosong tanpa judul (Untitled). Nah, karena belum ada namanya, silahkan di rename terlebih dahulu sesuai dengan keinginan Rekans, Misalnya Daily Money, My Money atau apalah yang menurut Rekans enak dibaca.
5. Pada menu bar, silahkan klik "Tools", lalu pilihlah menu "Create Form".
6. Nah, Form pertama rekans sudah jadi. Ini bisa tampil di Mobile Gadget? Bisa dong. Tapi jangan terburu-buru, kontennya di isi dulu lah.
7. Sekarang Rekans sudah berada di halaman form editor, untuk panelnya mungkin saya jelaskan dengan gambar saja yah biar gampang. Nih liat nih.


Gimana Rekans? ruwet kan gambarnya :D ? Lebih baik langsung ke halaman Form aja deh. Isinya simple kok. Tinggal klik-klik dikit, lirik-lirik dikit, pahami dikit-dikit, dan tidur lebih dalam..

8. Silahkan berikan judul dan deskripsi aplikasi sesuai dengan keinginan rekans di bagian tab "Page". Untuk tab "Form Setting" dan "Confirmation Page" sementara kita abaikan saja dulu.
9. Stop..Stop! Bentar dulu... Sekarang konten yang harus kita isi itu apa saja? Nah, karena semua itu tergantung kebutuhan masing-masing, maka saya hanya memberikan beberapa point variable yang bisa dijadikan sebagai input. Contoh umumnya untuk perhitungan variabel "pengeluaran harian" ada beberapa jenis, tapi untuk saya pribadi membaginya menjadi 4 aspek, yakni tanggal/waktu, lokasi transaksi, jumlah pengeluaran, tipe keperluan. Dari sini mungkin Rekans bisa mengembangkan apa saja yang rekans butuhkan untuk pencatatan pengeluaran rekans. Ok, sekarang lanjut ke step point berikutnya.
10. Pada tab "Page", silahkan edit Judul dan Form Description sesuai dengan yang Rekans inginkan sebagai Header Aplikasi web rekans.
11. Selanjutnya untuk meng-edit isi konten di Tab "Page", silahkan klik pada tombol Edit yang muncul di pojok kanan atas tab "Page" jika kursor mouse diarahkan kesana (gambar ikonnya seperti pensil).
12. Setelah rekans meng-klik tombol edit tersebut, maka tab "Page" ini akan terbuka, dan isinya lebih terperinci lagi seperti berikut :

Sekali lagi, semua konten di atas bisa Rekans isi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Bagian Question Type bisa Rekans gantikan modenya sesuai dengan jenis variabel yang ditentukan. Jenis-jenisnya antara lain ada Multiple choise, Text, Text Paragraph, Checkbox, Date, Scale, dan lain sebagainya. Saya berikan contoh form editor yang sudah jadi seperti berikut :


13. Tekan Tombol "View Live Form"  dan form aplikasi rekans sudah jadi.
14. Edit kembali isi file excel (spread sheet). Untuk sheet form yang aktif, silahkan beri nama "Belanja". Kemudian buatlah sheet baru dengan menekan tombol + yang letaknya di sebelah kiri bawah, lalu beri nama "Total Count".
15. Di sheet "Total Count", buatlah tabel dengan 1 baris 1 kolom seperti berikut :


16. Di baris 2 Kolom "Total Belanjaku", silahkan masukkan rumus sederhana seperti ini :

          =sum('Belanja'!$C$2:$C$1143)

17. Setelah terisi, silahkan rekans klik sheet "Belanja" kemudian klik tab "Form" lalu klik lagi "Go to live form" .

Sekarang rekans sudah bisa mengisi form rekans dengan variable-variable yang sudah ditentukan sebelumnya. Untuk menjadikannya aplikasi mobile, rekans cukup mengetikkan link yang ada di form. Untuk menyederhanakannya bisa ikuti langkah berikut :

1. Pada halaman Form Editor, silahkan klik tombol "Send Form" yang ada di sebelah kanan atas halaman browser.
2. Centang perintah "Short Url", kemudian silahkan rekans ketikkan link tersebut ke browser Smartphone milik rekans (Contoh ini, Saya pakai di device Blackberry Z3).
tampilan di browser Blackberry Z3 (1)

3. Jika Form aplikasi sudah berhasil di akses, tap tombol Option pada browser, kemudian pilih "Add to Home Screen", maka tampilan logonya seperti aplikasi pada umumnya yang ada di device milik saya. 

tampilan di browser Blackberry Z3 (2)

tampilan logo aplikasi di device Blackberry Z3

Hal yang sama juga bisa dilakukan pada device apa saja. Saya sudah mencobanya di Android, di Blackberry OS 8 kebawah, dan bahkan di Nokia Symbian OS juga bisa dibuat seperti ini.
Baik, mungkin ini saja yang bisa saya share,  mohon maaf jika masih banyak kekurangan di balik artikel yang sangat sederhana ini. Semoga bermanfaat. Jika masih ada yang bingung dengan artikel ini, silahkan tinggalkan pertanyaan.

Terima kasih. 



1 Response to "Membuat Aplikasi (Mobile Web) Untuk Monitoring Keuangan, Gratis dengan Google Docs dan Google Form"

  1. ada cara buat edit / crud data yang sudah di input dengan cepat selain ke google sheet?

    ReplyDelete

my Paid Tube